Manajemen Privasi Akun Model Hijab di Media Sosial Instagram

Penulis

  • Dimas Ary Satria Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia
  • Ratri Kusumaningtyas Universitas Muhammadiyah Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.52436/1.jishi.14

Kata Kunci:

Manajemen Privasi, Model Hijab, Privat Akun

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis manajemen privasi model hijabers melalui privat akun di
Instagram. Privat akun merupakan salah satu fitur di Instagram dimana pengguna mengunci akun sehingga
tidak semua audiens bisa melihat aktivitas pengguna di Instagram. Teori Manajemen Privasi Manajemen
digunakan dalam penelitian ini. Jenis penelitian ini yaitu penelitian kualitatif dengan metode deskriptif.
Penelitian ini menggunakan teknik wawancara dalam memperoleh data primer dan dilakukan observasi akun
Instagram untuk data sekunder. Data divalidasi menggunakan teknik triangulasi sumber. Hasil dalam
penelitian ini menunjukkan bahwa model hijabers dalam manajemen privasi di Instagram dengan cara
menggunakan privat akun Instagram dan mengatur konten unggahan dari foto, video maupun caption hingga
adanya filter audiens karena merupakan ranah privasi mereka.

Referensi

Anggito, A., & Setiawan, J. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif (E. Lestari, ed.). CV Jejak.

Ardiyanti, H. (2018). SWAFOTO?: Sebuah Pendekatan Teori Manajemen Privasi Komunikasi. 9(1), 101–117.

Beam, M. A., & Child, J. T. (2018). Context collapse and privacy management?: Diversity in Facebook friends increases online news reading and sharing. https://doi.org/10.1177/1461444817714790

Dianiya, V. (2021). Management privacy dalam penggunaan fitur “close friend” di Instagram. 5(March), 249–266. https://doi.org/10.25139/jsk.v5i1.2652

Hollenbaugh, E. E. (2019). Privacy Management Among Social Media Natives?: An Exploratory Study of Facebook and Snapchat. https://doi.org/10.1177/2056305119855144

Huromaini, N. (2017). Studi Analisis Pemaknaan Hijabers Community Surabaya Terhadap Hijab dalam Film 99 Cahaya di Langit Eropa. 3/No. 3(September 2016).

Iman, M. (2020). Pengguna Instagram di Indonesia Didominasi Wanita dan Generasi Milenial. Good News From Indonesia.

Kamilah, F., & Lestari, S. (2020). Manajemen Privasi pada Pengguna Media Sosial Instagram.

Kriyantono, R. (2014). Teknik Praktis Riset Komunikasi. Jakarta: Prenadamedia.

Lestari, M. P., & Kusuma, R. S. (2019). Hubungan Romantis Di Media Sosial (Resepsi Pengguna Terhadap Keterbukaan Hubungan Romantis Yang Diunggah Selebgram Di Instagram). 11(1), 28–44.

Masur, P. K., & Scharkow, M. (2016). Disclosure Management on Social Network Sites?: Individual Privacy Perceptions and User-Directed Privacy Strategies. https://doi.org/10.1177/2056305116634368

Mustika, R. (2018). Privasi pada remaja di media sosial. 14 No. 2, 111–120.

Nainggolan, V., Rondonuwu, S., & Waleleng, G. J. (2017). media, telah memberikan dampak terhadap situs- situs komunikasi, dari sekedar. 1–15.

Nurbaiti, A., & Anshari, I. (2020). Manajemen Privasi di Situs Jejaring Sosial?: Studi Kasus Penggunaan Finstagram untuk Voyeurisme Termediasi. 1(September), 114–134.

Sugiarto, I. A. (2017). Manajemen Komunikasi Privasi Kaum Lesbian Di Kota Samarinda. 5(3), 580–592.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suh, J. J., & Hargittai, E. (2015). Privacy Management on Facebook?: Do Device Type and Location of Posting Matter?? https://doi.org/10.1177/2056305115612783

Wolf, R. De. (2019). Contextualizing how teens manage personal and interpersonal privacy on social media. https://doi.org/10.1177/1461444819876570

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-01-26

Cara Mengutip

Ary Satria, D. ., & Kusumaningtyas, R. (2022). Manajemen Privasi Akun Model Hijab di Media Sosial Instagram. Jurnal Ilmu Sosial Humaniora Indonesia, 1(2), 67-81. https://doi.org/10.52436/1.jishi.14