Pengaruh Lingkungan Kerja Terhadap Semangat Dan Kegairahan Kerja Karyawan Pada Kantor Administrator

Penulis

  • Siti Nur Azisyah Satria Manajemen, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Ichsan Sidenreng Rappang, Indonesia
  • A. Kartini Sari Putri D Manajemen, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Ichsan Sidenreng Rappang, Indonesia
  • Mariam Makmur Program Studi Manajemen,Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Ichsan Sidrap, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.52436/1.jishi.15

Kata Kunci:

lingkungan kerja, semangat, kegairahan kerja karyawan

Abstrak

Masalah yang timbul disini yang lebih terletak pada karyawan itu sendiri. Dengan kata lain, cara tersebut belum menjamin bahwa para karyawan akan bekerja dengan sepenuh hati. Upaya dapat meningkatkan produktifitas lebih tinggi lagi, perusahaan perlu menumbuhkan semangat kegairahan kerja dari para karyawan. Sudah selayaknyalah apabila perusahaan akan selalu berusaha agar para karyawan mempunyai semangat dan kegairahan kerja yang tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh lingkungan kerja terhadap semangat dan kegairahan kerja studi pada karyawan kantor administrator. Dalam penelitian ini Laporan penelitian disusun dan diselesaikan dengan pedoman pada metode kasus, yaitu suatu metode bermaksud menerangkan obyek yang diteliti dengan mempergunakan data dari obyek yang diteliti itu sendiri. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh karyawan pada Kantor Administrator Pelabuhan Makassar. Jumlah sampel dalam penelitian ini ditentukan sebanyak 60 orang. Hasil penelitian menemukan bahwa responden karyawan Kantor Administrator Pelabuhan Makassar menunjukkan sebagian besar responden merasa setuju atau puas bahwa Lingkungan Kerja berpengaruh positif terhadap Semangat dan Kegairahan Kerja karyawan pada Kantor Administrator Pelabuhan Makassar. Ini terlihat adanya jawaban responden sangat puas sebanyak 64,5%.

Referensi

Abdi, S., (2018). Fakultas Social Sains “Pengaruh Promosi Jabatan Dan Lingkungan Kerja Terhadap Semangat Kerja Pegawai Dilingkungan Universitas Pembangunan Pancabudi Medan”. Universitas Pembangunan Panca Budi.

Basir, B. (I998). Manajemen Sumber Daya Manusia, Penerbit Bumi Aksara, Jakarta.

Candra, P. M. & Satria, T. (2018). Program Studi Magister Manajemen Universitas Muhammadiya Sumatra Utara Medan.”Pengaruh Stress Kerja, Motivasi Kerja Dan Lingkungan Kerja Terhadap Semangat Kerja Pegawai”.

Eko, M., & Sri, L. R. (2018). “Pengaruh Lingkungan Kerja, Insentif, Komunikasi Dan Senioritas Terhadap Semangat Kerja Karyawan”. Program Studi Magister Manajemen Pascasarjana Universitas Riau Kepulauan.

Ferli, E. (2017). Jurnal Ekonomi Dan Bisnis”Pengaruh Lingkungan Kerja Terhadap Semangat Kerja Karyawan Stie Nasional Banjarmasin.”

Handoko, D. & Hani, T. (2000). Manajemen Personalia dan Sumber Daya Manusia, Edisi kedua, Cetakan Keenam Belas, BPPE, Yogyakarta.

Hasibuan, M. S. P. Drs. (2006). Manajemen Sumber Daya Manusia, Edisis Revisi, Penerbit Bumi Aksara.

Jaya, I. G. M. K., Sudiya, I. G. A., & Sudharma, I. N., (2017). Fakultas Ekonomi Dan Bisnis “Pengaruh Lingkungan Kerja Dan Motivasi Serta Kompensasi Terhadap Semangat Kerja Pegawai Dinas Kesehatan Kabupaten Tabanan.” Universitas Udayana Bali.

Nova, S., & Vina, L. (2019) “Pengaruh Lingkungan Kerja Terhadap Semangat Kerja Guru Pada SMK NEGRI I UKUI, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Riau”, 167-176.

Noor, A. (2015). Program Studi Ilmu Administrasi Negara “Pengaruh Lingkungan Kerja Terhadap Semangat Kerja Pegawai Dikantor Kelurahaan Air Putih Samarinda.”

Nitisemito, A. S. (1997). Manajemen Personalia (Manajemen Sumber Daya Manusia), Edisi Revisi, Ghalia Indonesia, Jakarta.

Panca, D. P. (2017). Sosiologi Ilmu Social Dan Ilmu Politik “Pengaruh Lingkungan Kerja Terhadap Semangat Kerja Karyawan Pada CV. Jaya Karya Pekanbaru”.

Panggabean, S., & Mutiara. M. E. Dr. (2004). Manajemen Sumber Daya Manusia, Cetakan Kedua, Penerbit Ghalia Indonesia.

Ranu, P., Heidrachman, & Husnan, S. (1999). Manajemen Personalia, Edisi Keempat, BPFE, Yogyakarta.

Sinar, H. D., Timotios, D., Progresif, B. (2021) “Pengaruh Lingkungan Kerjaterhadap Semangat Kerja Pegawai Yang Dimediasi Oleh Kepemimpinan Studi Pada Dinas Perpustakaan Kabupaten Nias Selatan.”103-114.

Sedarmayanti, (2001). Manajemen Sumber Daya Manusia dan Produktifitas Kerja, Mandar Maju, Bandung.

Try, S. H. Z, (2018) Study Of Business Administration Fakultas Social Dan Politik Rian Universitas. “Pengaruh Lingkungan Kerja Dan Kesejahteraan Karyawan Terhadap Semangat Kerja Karyawan Studi Pada Kantor Pusat Pt Perkebunan Nusantara V Pekanbaru).”

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-01-26

Cara Mengutip

Azisyah Satria, S. N., Sari Putri D, A. K., & Makmur, M. (2022). Pengaruh Lingkungan Kerja Terhadap Semangat Dan Kegairahan Kerja Karyawan Pada Kantor Administrator. Jurnal Ilmu Sosial Humaniora Indonesia, 1(2), 83-93. https://doi.org/10.52436/1.jishi.15