https://journals.id/ojs/index.php/jishi/issue/feedJurnal Ilmu Sosial Humaniora Indonesia2025-05-30T00:00:00+07:00Jurnal Ilmu Sosial Humaniora Indonesiainfojournalsid@gmail.comOpen Journal Systems<p><strong>Jurnal Ilmu Sosial Humaniora Indonesia (JISHI)</strong> merupakan Jurnal Ilmiah Nasional yang menerbitkan artikel hasil penelitian dan gagasan ilmiah dari Dosen, Peneliti, dan Praktisi dari seluruh Indonesia .<strong>Jurnal Ilmu Sosial Humaniora Indonesia (JISHI)</strong> terbit 2 kali dalam 1 tahun, yaitu pada bulan Juni dan Desember. JISHI terdaftar di LIPI dengan P-ISSN 2797-3999 dan E-ISSN 2797-4561. JISHI telah terakreditasi SINTA 5 oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. Berdasarkan SK Nomor <span class="fontstyle0">0547/E5/DT.05.00/2024. </span>SK Akreditasi dapat di unduh <a title="SK Akreditasi" href="https://drive.google.com/file/d/1_qFAy6RSZ3dxUi-0R3i8H1Wh1qmN5sM4/view?usp=sharing" target="_blank" rel="noopener">disini</a>.</p> <p><strong>Informasi Jurnal</strong><br />Nama : Jurnal Ilmu Sosial Humaniora Indonesia<br />Nama Pendek : JISHI<br />Kependekan : <em>Jur. Ilmu Sos. Hum. Indonesia</em> (JISHI)<br />Frekuensi Terbit : 2 edisi setiap tahun (Juni dan Desember)<br />DOI : 10.52436/1.jishi.idpaper<br />P-ISSN : 2797-3999<br />e-ISSN : 2797-4561<br />Author Fees / APC : Rp. 500.000,00<br />Scope : Ilmu Sosial dan Humaniora</p>https://journals.id/ojs/index.php/jishi/article/view/226Evaluasi Psikometrik Skala Internal Locus of Control pada Mahasiswa Indonesia dengan Menggunakan CVI Aiken dan CFA2025-01-15T06:43:49+07:00Muhammad Qaulan Ma'rufa2211102433193@umkt.ac.idGalang Arya Tama2211102433187@umkt.ac.idRinda Nur Adha2211102433194@umkt.ac.idSabrina Andini Maulidiya2211102433184@umkt.ac.idDheiya’ Ulhaq Azmi Mustin2211102433195@umkt.ac.idDesti Purnamasaridp657@umkt.ac.idRahayu Faridarf203@umkt.ac.idKumaidi KumaidiKum538@umkt.ac.id<p>Dalam lingkup akademik, pencapaian mahasiswa dipengaruhi oleh faktor <em>eksternal</em> dan <em>internal</em>, di mana <em>internal locus of control</em> memainkan peran kunci dalam keberhasilan akademik. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menguji validitas serta reliabilitas skala pengukuran <em>internal locus of control</em> pada mahasiswa Indonesia. Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik pengumpulan data melalui kuesioner daring. Validasi isi dilakukan menggunakan metode <em>Content Validity Index (CVI</em>) AIKEN dengan 12 ahli psikologi, sedangkan reliabilitas diuji menggunakan koefisien Alpha Cronbach. Hasil penelitian menunjukkan terdapat 71 item valid dari 100 item awal, dengan koefisien reliabilitas sebesar 0,920 yang mengindikasikan konsistensi internal skala yang sangat baik. Dalam penelitian ini juga digunakan model CFA untuk mendapatkan informasi apakah item-item konstruk alat ukur skala <em>Internal Locus of Control</em> ini bersifat unidimensional, hasil uji dengan model CFA ini menunjukan bahwa dari 71 item yang valid terdapat 22 item yang “<em>fit</em>” .Kontribusi penelitian ini adalah menyediakan instrumen psikometrik yang valid dan reliabel untuk mengukur <em>internal locus of control</em> mahasiswa, yang dapat digunakan dalam penelitian psikologi pendidikan dan pengembangan intervensi akademik.</p>2025-05-20T00:00:00+07:00Hak Cipta (c) 2025 https://journals.id/ojs/index.php/jishi/article/view/290Perilaku Mahasiswa yang Peduli Lingkungan di Purwokerto2025-02-18T11:14:49+07:00Finayanti Finayantifinayanti@mhs.unsoed.ac.idMuslihudin Muslihudinmuslihudin@unsoed.ac.idAnkarlina Pandu Primadataankarlina@unsoed.ac.id<p><em>Penggunaan plastik yang tinggi dalam kehidupan sehari-hari berdampak negatif pada lingkungan, termasuk lingkungan kampus. Mahasiswa cenderung mengonsumsi makanan dan minuman dengan kemasan sekali pakai, yang memperburuk masalah tersebut. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui perilaku ramah lingkungan yang dilakukan oleh mahasiswa dan latar belakang yang mempengaruhi mahasiswa dalam berperilaku ramah lingkungan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Sumber data diperoleh melalui wawancara langsung dengan informan dan kajian pustaka. Teknik penentuan informan menggunakan purposive sampling dan sebanyak 3 informan dipilih berdasarkan kriteria yang telah ditentukan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mayoritas mahasiswa memahami perilaku ramah lingkungan yang bertujuan untuk menjaga kelestarian lingkungan. Pemahaman ini tercermin dalam berbagai aktivitas yang mereka lakukan, seperti keterlibatan dalam program penghijauan, bergabung dengan organisasi lingkungan, dan mengadopsi kebiasaan hemat air dan energi. Beberapa mahasiswa menilai bahwa lingkungan sekitar mereka (teman, keluarga dan komunitas), memberi pengaruh bagi diri mereka. Hal ini menunjukkan bahwa lingkungan sosial mereka memberikan pengaruh yang signifikan sehingga mendorong mahasiswa untuk berperilaku ramah lingkungan. Meskipun demikian, sebagian besar informan mahasiswa juga menyatakan bahwa komitmen adalah masalah utama. Banyak mahasiswa yang merasa perlunya fasilitas pendukung untuk meningkatkan kesadaran tentang pentingnya perilaku ramah lingkungan. Hasil ini menunjukkan bahwa untuk mendorong perilaku yang lebih ramah lingkungan, diperlukan lebih banyak fasilitas pendukung di lingkungan kampus. Hasil penelitian ini dapat digunakan untuk membuat kebijakan lingkungan di kampus.</em></p>2025-05-30T00:00:00+07:00Hak Cipta (c) 2025 https://journals.id/ojs/index.php/jishi/article/view/161Perkembangan Legalitas Teknologi Blockchain dalam Industri Keuangan di Indonesia2024-06-28T13:35:42+07:00Rila Kusumaningsihrila.kusumaningsih.sh.mh@gmail.com<p>Teknologi blockchain telah membawa perubahan signifikan dalam industri keuangan global, termasuk di Indonesia. Artikel ini mengeksplorasi perkembangan legalitas teknologi blockchain dalam industri keuangan Indonesia, dengan fokus pada regulasi, implementasi, dan tantangan yang dihadapi. Melalui analisis literatur dan studi kasus, penelitian ini menemukan bahwa meskipun blockchain menawarkan transparansi, keamanan, dan efisiensi yang meningkat, adopsinya di Indonesia masih terhambat oleh kerangka regulasi yang belum komprehensif dan kurangnya pemahaman di kalangan regulator dan pelaku industri. Pemerintah Indonesia telah mengambil langkah-langkah awal dengan mengeluarkan beberapa peraturan terkait aset kripto dan teknologi finansial, namun masih diperlukan kerangka hukum yang lebih jelas dan dukungan kebijakan yang lebih kuat untuk mendorong inovasi dan mitigasi risiko. Penelitian ini menyimpulkan bahwa sinergi antara regulator, pelaku industri, dan pemangku kepentingan lainnya sangat penting untuk memfasilitasi adopsi teknologi blockchain yang lebih luas dalam industri keuangan di Indonesia.</p>2025-06-03T00:00:00+07:00Hak Cipta (c) 2025 https://journals.id/ojs/index.php/jishi/article/view/229Analisis Kuantitatif Kekerasan dan Perlawanan Karakter dalam Serial Doraemon Menggunakan Metode Analisis Isi2025-01-15T06:35:27+07:00Risma Ristianarisma.ristiana@mhs.unsoed.ac.idRengki Andikarengki.andika@mhs.unsoed.ac.idPrima Lukita Marlangenprima.marlangen@mhs.unsoed.ac.idSyafiq Rifqi Fadhlur Rohmansyafiq.rohman@mhs.unsoed.ac.idDaffa Suttan Ibrahimsuttan.ibrahim@mhs.unsoed.ac.idSayang Dearizky Urbansayang.urban@mhs.unsoed.ac.idAlya Ushula Racma Anzitaalya.anzita@mhs.unsoed.ac.idSoetji Lestarisoetji.lestari@unsoed.ac.id<p><em>Bullying merupakan salah satu fenomena kekerasan yang melibatkan ketidakseimbangan antara pelaku kekerasan dan korban. Serial kartun Doraemon, meskipun dikenal sebagai tayangan hiburan untuk anak-anak, namun mengandung elemen kekerasan yang kerap ditampilkan melalui dinamika antara karakter. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis representasi kekerasan dan perlawanan pada karakter dalam serial Doraemon dengan menyoroti dampaknya terhadap perilaku anak-anak. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode analisis isi. Analisis isi kuantitatif, memungkinkan pengukuran objektif dan sistematis terhadap 42 episode yang dipilih secara acak dari total 117 episode. Penelitian ini mengidentifikasi tiga bentuk kekerasan verbal, fisik, dan psikologis, dengan kekerasan verbal mendominasi, diikuti kekerasan fisik dan psikologis. Dampak yang dihasilkan mencakup tekanan psikologis, cedera fisik dan kehilangan barang. Selain itu, ditemukan tiga bentuk perlawanan oleh karakter, yaitu perlawanan aktif dan perlawanan pasif. Bentuk perlawanan aktif, seperti melawan langsung atau meminta bantuan, menjadi respons dominan terhadap kekerasan yang terjadi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa meskipun serial ini dikemas dengan humor ringan, elemen kekerasan yang ditampilkan dapat memengaruhi cara pandang anak terhadap konflik dan perilaku sosial. Penelitian lebih lanjut diperlukan untuk mengeksplorasi bagaimana berbagai elemen cerita memengaruhi perkembangan psikologis anak secara lebih mendalam.</em></p>2025-05-30T00:00:00+07:00Hak Cipta (c) 2025 https://journals.id/ojs/index.php/jishi/article/view/291 Tinjauan Aspek Transparansi dan Akuntabilitas Dana Kampanye Pemilu 2024 pada Partai Gerakan Indonesia Raya2025-02-18T11:15:54+07:00Ken Paramitha Aryanaken.paramitha@unpad.ac.idAnnisa Nabila Hasanannisa.nabila@unpad.ac.idFarhatun Nisafarhatun.nisa@unpad.ac.id<p><em>Transparansi dan akuntabilitas dalam penggunaan dana kampanye merupakan aspek krusial dalam menjaga integritas proses demokrasi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat transparansi dan akuntabilitas laporan dana kampanye Partai Gerakan Indonesia Raya (GERINDRA) pada Pemilu 2024. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan metode analisis dokumen. Data diperoleh dari laporan-laporan resmi yang dipublikasikan oleh GERINDRA, termasuk Surat Pernyataan Kepatuhan, Asersi atas Laporan Penerimaan dan Pengeluaran Dana Kampanye, serta Laporan Asurans Independen dari Kantor Akuntan Publik. Analisis difokuskan pada kesesuaian pelaporan dengan ketentuan regulasi dan indikator good governance dalam pendanaan politik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa GERINDRA telah menunjukkan upaya pemenuhan prinsip transparansi dan akuntabilitas melalui penyediaan laporan yang telah diaudit secara independen dan penggunaan Rekening Khusus Dana Kampanye (RKDK). Keterlibatan Kantor Akuntan Publik dalam proses audit mencerminkan komitmen terhadap tata kelola keuangan kampanye yang akuntabel. Namun, penelitian ini juga menemukan bahwa koordinasi antara pengurus pusat dan daerah dalam penyusunan laporan masih perlu diperkuat, terutama untuk memastikan konsistensi dan kelengkapan pelaporan di tingkat regional. Temuan ini penting bagi penguatan tata kelola keuangan partai politik di Indonesia serta memberikan kontribusi bagi pengembangan kebijakan publik yang mendukung transparansi pendanaan politik sebagai bagian dari sistem demokrasi yang sehat.</em></p>2025-05-30T00:00:00+07:00Hak Cipta (c) 2025 https://journals.id/ojs/index.php/jishi/article/view/222Representasi Perempuan Indonesia dalam Iklan Produk Perawatan Rambut di Youtube: Analisis Isi Kuantitatif2025-01-10T15:01:48+07:00Amanda Alwiamanda.alwi@mhs.usnoed.ac.idZahra Syauqizahra.syauqi@mhs.unsoed.ac.idAyudya Maheswariayudya.maheswari@mhs.unsoed.ac.idAnnisa Risqiyantiannisa.risqiyanti@mhs.unsoed.ac.idFajar Widiantofajar.widianto@mhs.unsoed.ac.idChitra Pashachitra.pasha@mhs.unsoed.ac.idSurya Ramadanisurya.ramadani@mhs.unsoed.ac.idAmalia Ramadhaniamalia.nur@unsoed.ac.id<p><em>Penelitian ini menganalisis representasi perempuan dalam iklan produk perawatan rambut di YouTube Indonesia. Menggunakan metode analisis isi kuantitatif, penelitian mengevaluasi simbol-simbol representasi perempuan dalam 41 iklan dari 13 merek populer. Hasil menunjukkan bahwa perempuan sering dengan ciri-ciri ideal seperti rambut panjang, hitam, berkilau, kulit putih, serta tubuh langsing merepresentasikan standar kecantikan ideal. Representasi ini mempengaruhi persepsi masyarakat tentang bagaimana perempuan direpresentasikan serta menimbulkan ekspektasi tinggi terhadap penampilan dan mempengaruhi rasa percaya diri perempuan di Indonesia. Penelitian ini berkontribusi memberikan pemahaman tentang bagaimana stereotip gender dalam iklan berperan pada pembentukan standar kecantikan yang sempit.</em></p>2025-05-30T00:00:00+07:00Hak Cipta (c) 2025 https://journals.id/ojs/index.php/jishi/article/view/278Dukungan Sosial dalam Kehidupan Remaja2025-01-15T06:48:21+07:00Muhammad Ariyanda1811102433039@umkt.ac.idDian Pratiwi2111102433075@umkt.ac.idRaisakhila Hasya Azmi Shanas2211102433007@umkt.ac.idSherly Eka Saputri2211102433008@umkt.ac.idFaradila Faradila2211102433019@umkt.ac.idIndo Sennangis508@umkt.ac.id<p><em>Dukungan sosial adalah suatu kondisi dimana individu atau kelompok merasakan kasih sayang, rasa aman, dan bimbingan yang tersedia dari berbagai sumber. Sumber dukungan sosial dapat dari orang tua, keluarga, teman sebaya,</em> <em>dan guru. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat dukungan sosial dalam kehidupan remaja di lingkungannya. Teknik sampling pada penelitian ini yaitu teknik Probability Sampling dan didapatkan sebanyak 290 responden yang merupakan remaja usia 12-24 tahun. Validitas aitem menggunakan Expert Judgement yang ahli di bidang psikologi dan pendidikan dengan hasil Content Validity Item (CVI) sebesar 0,67 sampai dengan angka 1.00 dan memiliki nilai koefisien reliabilitas Cronbach’s Alpha sebesar 0,936 Hasil penelitian menunjukkan sebanyak 27 responden (9,31%) mendapatkan dukungan sosial yang tinggi, responden 243 (83,79%) mendapatkan dukungan sosial yang sedang, responden 20 (6,90%) mendapatkan dukungan sosial yang rendah. Jadi dapat disimpulkan bahwa dukungan sosial yang diterima oleh remaja memiliki tingkat yang sedang dengan persentase dari penelitian yang dilakukan. Hal Ini menunjukkan dalam kehidupan remaja memiliki dukungan sosial yang baik dan perlu ditingkatkan.<br><br></em></p>2025-05-30T00:00:00+07:00Hak Cipta (c) 2025 https://journals.id/ojs/index.php/jishi/article/view/294Efektivitas Permainan Tradisional dalam Meningkatkan Interaksi Sosial Anak Sekolah Dasar : Studi Eksperimental di SDN 34 Kota Pontianak2025-05-06T21:45:27+07:00Ema Zati Barorohemazati@iainptk.ac.idKiki Amaliakiki.amalia@iainptk.ac.idNafisa Fajrinafajrinarina18@gmail.comWidya Gentariawdygntriaa@gmail.com<p>Interaksi sosial merupakan sebuah keterampilan krusial yang harus dimiliki oleh anak-anak usia sekolah dasar seiring denga perkembangan dan pola bermain mereka. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur efektivitas permainan tradisional terhadap interaksi sosial anak sekolah dasar di SDN 34 Pontianak. Metode penelitian ini mengguanakan desain eksperimen <em>One Group Pretest Posttest </em>terhadap 15 subjek yang dipilih melalui teknik <em>purposive sampling</em>. Hasil menunjukan bahwa terdapat peningkatan interaksi sosial yang dilihat dari perubahan pada 4 orang anak berdasarkan hasil observasi dan lembar kerja. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan munculnya indikator-indikator dalam aspek interaksi dalam interaksi sosial anak setelah terlibat dalam permainan tradisional. Dengan demikian, penelitian ini membuktikan efektifitas permainan tradisional dalam meningkatkan interaksi sosial anak dan memerikan implikasi pada pendidikan karakter.</p>2025-06-03T00:00:00+07:00Hak Cipta (c) 2025 https://journals.id/ojs/index.php/jishi/article/view/158Peningkatan Minat Belajar Siswa Sekolah Dasar melalui Penggunaan Media Gambar dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia2024-06-21T14:42:13+07:00Qonita Afriyaniafriyaniqonita@gmail.com<p><em>Studi ini mengkaji efektivitas integrasi elemen visual dalam pengajaran Bahasa Indonesia di tingkat sekolah dasar, dengan fokus pada peningkatan antusiasme pembelajaran dan penguasaan konten oleh para peserta didik. Dengan memanfaatkan pendekatan kualitatif yang melibatkan evaluasi pra dan pasca intervensi, penelitian ini melibatkan 30 peserta didik kelas empat dari Sekolah Dasar Negeri 2 Perumnas Way Kandis sebagai partisipan. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui adanya peningkatan minta belajar siswa sekolah dasar melalui media gambar dalam pembelajaran Bahasa Indonesia. Metodologi pengumpulan data mencakup survei motivasi belajar, ujian pemahaman materi, sesi wawancara, dan observasi langsung. Temuan penelitian mengungkapkan adanya perkembangan substansial dalam aspek motivasi belajar dan penguasaan materi setelah implementasi strategi pembelajaran berbasis visual. Secara kuantitatif, rerata skor motivasi belajar menunjukkan kenaikan dari 63,2 menjadi 88,5, sementara tingkat pemahaman materi meningkat dari 58,1 ke 83,8. Analisis kualitatif lebih lanjut menegaskan persepsi positif baik dari pihak siswa maupun pengajar terkait peningkatan kualitas proses belajar-mengajar. Kesimpulan dari studi ini menyoroti potensi signifikan penggunaan media visual sebagai strategi pedagogis yang efektif dalam konteks pendidikan dasar, tidak hanya untuk memperkuat motivasi belajar siswa, tetapi juga untuk memfasilitasi pemahaman yang lebih mendalam terhadap materi pelajaran. Implikasi dari temuan ini berpotensi memberikan kontribusi penting dalam pengembangan metode pengajaran yang lebih inovatif dan responsif terhadap kebutuhan kognitif dan afektif peserta didik di tingkat sekolah dasar.</em></p>2025-05-20T00:00:00+07:00Hak Cipta (c) 2025